Jejak Pikiran Manusia Pada Pita Magnetik

Sejak ada komputer tiba-tiba saja semua beralih fungsi. Para penggambar dan pendesign bangunan hampir semuanya telah mengalihkan aktifitasnya ke instrument ini. Mereka menggudangkan semua alat manualnya dan seakan menceraikannya. Hal yang sama juga terjadi pada dunia audio enginer atau bahasa seharinya para perekam musik. Di ruangan mereka banyak tersisa kaset pita yang entah mungkin hanya jadi kenangan peradaban saja.
Betapa semuanya telah menjadi rekam jejak dari perubahan pikir manusia. Sempat pada suatu waktu saya mengunjungi ruang teknis TVRI Makassar di Jalan Kakatua. Banyak sekali bahkan tercecer kaset-kaset pita dan perangkat pemutar analog yang hanya mnjadi arsip kantor saja. Saya kadang berpikir kenapa tidak diadakan saja diskusi tentang pemanfaatan alat-alat tersebut. Pasti bisa ada yang baru dan unik darinya semacam karya seni instalasi....
Padahal dalam pita itu terdapa jejak-jejak magnetik pikiran manusia. Misalnya pada lagu, mereka para artis di zaman itu memerlukan waktu berhari bahkan bulan untuk menyeleseikan satu lagu saja, disebabkan tak boleh diulang karena teknologi pada waktu itu tak support.
Ada teman yang masih mngkoleksi musik-musik klasik di daerah Bugis dan Makassar berupa pita.Rekaman tersebut berisi lantunan syair-syair dan petuah yang berlatar alat musik tradisional orang sulawesi seperti sinrili yang berfungsi ibarat violin.
Dari seorang Jerman yang saya lupa namanya, ia pernah meneliti tentang selera musik seseorang. Tentu dalampenelitiannya mengumpulkan beberapa responden. Ada beberapa kategori yang membuat orang suka dengan musik. Yang ingin saya garis bawahi adalah Orang yang menyukai musik karena keyakinan bahwa musik itu adalah suatu hasil kebudayaan dan bagian peradaban. 
Dari kebudayan itu manusia dapat mengevaluasi secara individu dan komunal gerak pikiran mereka. Dizaman pita kaset ada pengetahuan musik yang tak dimiliki musisi di zaman sekarang. Musisi di zaman itu sangatlah natural terdengar, beat yang sedikit kurang atau lebih beberapa sekon saja, tapi hal itu yang membuatnyamenantang dan menarik. Jadi feel pemain musik di zaman itu sangat terasah. Karena proses rekaman yang sangat serius dan menyita waktu.
Suatu saat rekaman dalam pita kaset ini diperlukan untuk dikaji baik secara musikal maupun pada teknologinya.

0 comments:

Blogger templates