Belajar Mixing (menyatukan) Musik rekaman

Adonan kue dan mixer kue hehehe
Mixing adalah suatu istilah umum yang tidak hanya dipakai pada dunia audio saja. Mixing biasa juga kita dengar pada ibu-ibu yang lagi membuat adonan kue, alatnya namanya mixer. Jadi kegiatan me mix itu adalah kegiatan mencampur atau menyatukan beberapa input yang akan dibuat satu dan menjadi nama baru lagi seperti menjadi kue, atau menjadi lagu. Dari mentega, garam, gula, air di mix menjadi kue. ok mudah-mudahan sampai disini bisa sedikit lebih dikhayalkan..






Mixing Audio memerlukan alat yang namanya mixer audio. Karena kita lagi membahas sofware maka mixernya juga berupa software juga (sudah menyatu di program adobe audition serta program audio lainnnya).Pada tahap mixing musik ini yang akan dicapai adalah:
  1. Penyatuan Volume  Masing-masing Track musik
  2. Panning (pemberian panorama bunyi (Left-Right) untuk masing-masing instrument.
  3. Pemberian efek-efek pada setiap instrumen seperti (efek ruang(reverb), chorus, phaser,dll)
  4. Pengkarakteran bunyi (equalizing) setiap instrument
Tampilan kosong Multitrack adobe audition

Dalam mixing ini level volume masing-masing track harus diperhatikan agar tidak berkurang atau lebih dari level seharusnya. (level maksudnya volume dalam satuan db). Panning untuk memberikan kesan lebih stereo pada musik kita. seperti kita mendengar suara orang dari jauh atau kadang tiba-tiba dia harus terdengar seolah-olah didepan kita. nach proses panning inilah yang akan mengatur. Untuk mencapai karakter setiap instrument pada musik kita sesuai dengan yang diharapkan, kita harus lebih berhati-hati menyetel dan memberikan efek. Kalau saya pada instrumen gitar hanya diberi efek chorus tak lebih tak kurang, reverb (efek ruang) sedikit ajahhh tidak sampai terdengar seperti musik jadul banget.
Tampilan multitrack ketika sudah ada isinya
 Pada tahap ini sebenarnya masing-masing orang punya metode masing-masing dalam mencapai musik yang diinginkan dan disukai banyak orang.
Pada karakter sound zaman sekarang vokal hanya sedikit diberi efek ruang aja tidak menggema seolah-olah sang vokalis menyanyi di depan kita , itu adalah pemandangan bunyinya. instrument gitar bisa di bawa ke arah kanan atau kiri sedikit dari pendengaran kita.
Masalah volume masing-masing instrumen biasanya menurut karakter lagu atau genre lagu itu. pokoknya ambil aje referensi audio untuk lagu jaman sekarang, banyak mendegar saja.



Mixernya
Pada gambar software kita melihat tampilan mixer pada adobe audition versi cs ini,

0 comments:

Blogger templates