Part I (Belajar Nuendo)

Perkenalan

Nuendo adalah salah satu dari sekian banyak software pengolah audio. Nuendo dibuat oleh Steinberg dari jerman sama dengan cubase juga. Perbedaannya dengan software seperti adobe audition adalah nuendo bisa dipakai untuk membuat musik Midi, sedang Adobe Audition tidak. Sedikit tentang Midi, Midi adalah kumpulan kode-kode digital yang berisi bunyi tiruan instrumen seperti drum, keyboard dll. Jadi untuk memproduksi sebuah lagu, tak perlulah kita harus membeli drum atau keyboardx.
Sejak ditemukannya teknologi Midi ini, sangat membantu para musisi rumahan untuk menterjemahkan idenya. Nuendo juga mempunyai banyak track, Track audio dan track midi (instrument) sudah bergabung dalam satu lembar kerja nuendo.
Nuendo juga bisa dipakai untuk Mixing dan Mastering. Terdapat juga banyak plugins yang tersedia secara default di Nuendo. Plugins efek seperti Rverb(efek Ruang), Phaser, Chorus, Compander hingga equalizer lengkap tersedia disini. Cara memakai efek tersebut sama saja dengan sofware jenis lainnya.
Ketika memulai instalasi Nuendo, ikut besertanya adalah Driver Asioo. Driver Asio adalah kebutuhan untuk menjalankan sofware ini. Hal ini sama dengan atau sejenis dengan Fruityloop. Anda dapat mengolah lagu, membuat lagu, iklan suara dan lain-lain disini, tergantung dari kebutuhan anda.
Format wav dan Mp3 juga mendukung untuk Nuendo. Untuk masuk dalam track midinya anda cukup menambahkan (add track) Midi dan menekan F12 pada keyboarad sebagai tombol shortcut untuk masuk dalam Vst Instrument. Dalam Vst Instrument itu, anda dapat memilih instrument apa yang diinginkan, sperti Drum, Keyboard dan efek-efek suara yang lainnya.
Pada Nuendo, kita juga dapat menambahkan plugins (efek tambahan) yang diinstal kedalam software ini seperti, Addictive Drum, dan efek-efek pengolah suara lainnya.
Gambar Nuendo, Track Audio dan midi bergabung 
dalam satu lembar kerja

Di dalam membuat musik di Nuendo anda harus teliti dan berhati-hati menentukan dinamikanya. Karena anda sedang bekrja dengan mesin, jika anda tidak teliti dalam memainkan volume (dinamika) musik bisa terdengar sangat kaku. Sekian dulu tulisan ini sabagai perkenalan untuk belajar nuendo, Thanks.(download tutorial nuendo di youtube, ketik aja kata kuncinya) Suhud Madjid

0 comments:

Blogger templates