Berjuang Di jalur Indie

Ini hanya nama yang kadang diberikan untuk suatu kelompok musik tertentu yang punya aliran musik yang berbeda dengan mainstream. Tapi bagaimana dengan musisi yang terkenal seperti Ebiet g Ade atau iwan fals bahkan Kantata takwa?. Musik mereka beda dengan musik kebanyakan beredar, tapi tak serta merta mereka dikatakan musisi indie.Indie adalah suatu pergerakan, metode pergerakannya beda dengan mainstream. Aliran musik tak terlalu menjadi persoalan, metode bertahan dan memperkenalkan dirilah yang berbeda.
Ada yang bermusik dan memproduksi dari rumah dikatakan home production. Belakangan ini marak dilakukan oleh para anak band,karena tawaran kemudahan dari alat yang semakin canggih. Para musisi yang bergerak di jalur indie ini mempergunakan media-media sosial networking untuk memperkenalkan karya mereka.Bukan berarti dengan memproduksi rumahan, para musisi ini kalah kualitas dengan mayor label.
Hanya saja memilih jalur ini harus punya wawasan segudang dan tekad yang kuat untuk bertahan. Bayangkan saja keahlian yang diperlukan haruslah beragam. Tidak cukup hanya membuat lagu dan merekamnya saja dalam format audio. Kita harus mengetahui wacana yang lagi berkembang dalam suatu lingkungan/masyarakat.
Perkembangannya sekarang, jalur ini semakin banyak peminatnya, bahkan kalangan selebritis seniorpun mencapai jalur ini.Jalur ini menawarkan tantangan yang berbeda. Sebenarnya nyantai,karena kita tidak terlalu dikejar oleh jadwal-jadwal rekaman yang padat.
Intinya, pada jalur ini musik yang ditawarkan harus mengambil resiko untuk tampil beda,karena keunikan itulah yang menjadi jualannya/brand. Suhud Madjid

0 comments:

Blogger templates