Memahami Fenomena Listrik dari Air 1

Hal ini bukan hanya ditujukan untuk anak elektro saja. Anda pernah mendengar istilah Tegangan yang disimbolkan dengan V satuannya Volta, Arus yang disimbolkan dengan I satuannya Ampere serta Tahanan yang satuannya adalah Ohm.
Sebenarnya untuk mengerti tentang apa yang dimaksud dengan tegangan,Arus dan Tahanan sangatlah susah. Ini disebabkan karena ketiga parameter tadi, tak dapat dilihat dengan mata langsung, hanya bisa dirasakan manfaatnya. Tapi mungkin dengan analogi seperti ini, anda sedikit dapat lebih terbuka dengan dasar yang satu ini.
Mari kita memakai analogi air, Listrik dan air sifatnya sangat identik. Tapi identik belum tentu sama. Air memiliki sifat yakni dapat mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. Listrik pun demikian adanya, mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah. 

Gambar aliran air dalam pipa




Jika kita melihat visualisasi di atas maka:
Air dalam bejana yang berada di tempat tinggi di samakan dengan Tegangan, Kran air disamakan dengan saklar, Aliran air dalam pipa sama dengan arus dan hambatan atau kotoran dalam pipa sama dengan tahanan pada listrik. Jika kita membuka kran air maka arus air akan mengalir ke bejana yang dibawah. Tapi kalau kita menutup kran air, air tidak akan sampai di bejana bawah hanya sampai di ujung kran saja. Begitu juga dengan listrik, jika kita membuka saklar arus akan mengalir ke beban, dan ketika kita menutup saklar arus tak akan sampai pada beban. Walaupun kraan air ditutup tetap ada air yang tertampung diujung kran. Listrik juga demikian ketika saklar terbuka maka tegangan tetap ada, arus saja yang tidak mengalir.Demikian sedikit penjelasan dari saya semoga mendapat pencerahan, selamat berpikir!.suhud madjid

0 comments:

Blogger templates