Matematika Dalam Musik

Jika anda seorang pemain musik yang bagus, tentulah anda tidak sepenuhnya mengandalkan insting saja. Kita memerlukan beberapa tahapan hingga mendekati kata sempurna dalam menghasilkan bunyi.Kita memerlukan beberapa hitungan-hitungan tertentu dalam memetakan wilayah nada yang kita inginkan.
Musik secara umum memiliki ketentuan seperti harus mempunyai standar hitungan atau timing yang disebut tempo bisa juga beat (ketukan).. Anda harus berpatokan pada hitungan misalnya 8 kali ketuk pada beat 120 untuk masuk pada intro musik. Jika anda mengalami ketidak tepatan hitungan, maka musik terdengar akan saling tumpang tindih. Musik juga mempunyai nada. Nada tersebut dalam istilah sainsnya disebut frekuensi. Frekuensi ini adalah sesuatu yang mempunyai wilayah, misalnya; dalam menyetem gitar, kita memerlukan suatu standar bunyi /frekuensi untuk menyamakannya dengan nada/frekuensi instrumen lain.
 Contoh : Untuk nada A kita harus menyetem snar gitar hingga ke hitungan 55 Hz frekuensi, itu untuk oktaf pertama. Untuk oktaf kedua nada yang sama (A) anda harus mengalikannya dengan 2 = 110 Hz, untuk oktaf ke 3 dan seterusnya sampai 8 anda  juga harus melakukan hal yang sama, yakni mengalikannya dengan 2.
Jika hitungan atau skala frekuensi/nada kita tidak tepat maka itulah yang disebut dengan fals.
Penjelasan di atas ditinjau dari ilmu fisika dan matematika, tapi bagaimana hitungannya dalam istilah musik itu sendiri.
Dalam musik, untuk memainkan melodi dengan benar, anda harus mengetahui prinsip dasar hitungan pada tangga nada mayor, minor augmented dan diminished
do re mi fa sol la si do untuk tangga nada mayor
 misalnya kita bermain pada nada dasar C mayor, kaitannya dengan tangga nada adalah sebagai berikut:

Jarak antara Do ke Re bernilai satu oktaf, itu artinya jika kita memainkan gitar anda harus melangkahi satu grid. Hal itulah yang dimaksud dengan berjarak satu oktaf. Re ke Mi berjarak 1 Oktaf juga. tetapi jika setengah oktaf jaraknya maka anda tak perlu melangkahi grid pada gitar, cukup disampingnya. Berikut hitungan lengkapnya:
Do 1 re 1 mi 1/2 fa 1 sol 1 la 1 si 1/2 do.

do pertama dan do terakhir menandakan anda telah melewati satu oktaf dari kerangka akord mayor dengan nada dasar C.
Begitu pentingnya hitungan dalam memainkan musik sehingga musik sangat erat kaitannya dengan matematika. saya sendiri belajar musik secara otodidak, dan memakai hitungan ini dalam bermain musik. anda dapat mempelajari lebih dalam dan telah tersedia banyak panduan menarik untuk menjadi player yang bagus. Selamat Mencoba teman-teman dan adik-adik. Maaf saya tidak mencantumkan keterangan gambar. Suhud Madjid

0 comments:

Blogger templates