Membuat Rekaman Audio Lebih Terdengar Menyatu

Biasanya ketika kita telah proses take lagu, dan sedang melakukan tahap penyatuan gelombangnya (editing) atau Mastering, kita selalu mendapati lagu tersebut terdengar tidak menyatu dan kering. Suara setiap instrument masih terrpisah satu sama lain. Masalah tersebut dapat diatasi dengan penggunaan sistem rak efek pada software yang kita pakai, yakni dengan menggunakan kompresi gelombang suara, biasa juga kita kenal namanya seperti Compander, De esser dll. 
Efek kompresi ini berguna untuk meratakan gelombang, membuat suara terdengar tebal, tetapi perlu diperhatikan jangan sampai berlebih dalam memberikan efek ini, karena bisa-bisa kita tidak mendapati dinamika dalam rekaman tersebut, sesuai dengan yang diinginkan.
Dalam proses penyempurnaan rekaman, anda memerlukan penyetelan Equalizer (frekuensi low,midle dan high), proses ini penting untuk mencapai kebutuhan audio yang diinginkan. Proses equalizing ini juga diperlukan untuk mengatasi suara-suara yang tidak diinginkan seperti noise, kelebihan low frekuensi yang menimbulkan efek pha (artikulasi instrument yang tidak diinginkan).
Pemberian efek ruang seperti reverb pada masing-masing instrumen juga diperlukan. Meskipun demikian, anda perlu mempertimbangkan proporsionalnya (kesesuaian dengan kebutuhan). Karena model rekaman audio rekaman jaman sekarang tidak terlalu berlebihan dalam pemakaian efek ruang. zaman dulu, pemakaian efek ruang atau biasa disebut efek gema, dipakai juga untuk mengatasi kekurangan akibat ruangan tempat mereka rekaman, sangat tak proporsional. Kadang-kadang diperlukan suara, seperti terdengar sedang berada di dekat pendengar atau bahkan seolah-olah suara datang dari suatu lembah yang jauh, tergantung kebutuhan anda.
Memberikan Panning yang baik. Panning adalah panorama audio yang kita berikan pada masing-masing instrument. Pemberian efek panning ini, menjadikan audio kita lebih mempunyai perspektif ruang. Misalnya suara gitar lebih terdengar di kiri, bass di tengah atau di depan kita, dan lain-lain.
  • Compander
  • Equalizer
  • Reverb
  • Panning Audio



0 comments:

Blogger templates