Utak-Atik Stem Gitar Kita

Seorang Player Guitar harus bisa mengexplore lebih dalam, tentang apa yang ia pikirkan dan khayalkan. Karakter bunyi yang timbul dari petikan gitarnya harus lebih dalam diresapi agar mengena ke setiap penikmatnya. Sekarang kita berbicara tentang stem standar pada gitar. Stem ini umum dipakai dimanapun anda berada dan jika dalam awal belajar bermain gitar.
Steman gitar ini kurang lebih seperti berikut:
Gitar punya 6 tali atau snar:
Jika kita memulai hitungan 1 sampai 6 dari snar yang paling bawah hingga paling atas, nada standarnya sebagai berikut:
Maksudnya ketika snar tidak dalam keadaan ditekan alias Open, Nadanya sebagai berikut:

Snar 1 : E
Snar 2 : B
Snar 3 : G
Snar 4 : D
Snar 5 : A
Snar 6 : E

Di atas adalah umum kita dapati dalam bermain gitar. Nada tersebut yang menghasilkan konstruksi akord pada grid gitar yang unik. Akord seperti C, G, dll punya bentuk tersendiri dan karakternya tergantung dari yang memainkan.
Nahh sekarang ini saya ingin merubah steman standar tadi. Dasar pemikirannnya, jika saya ingin memainkan gitar dengan sangat simple dalam artian tangan saya hanya menekan snar hanya seperlunya saja, atau bahkan tidak menekan sekalipun dan hasilnya sangat unik terdengar. Pertanyaannya bisa tidak?
Anda bisa mencoba menyetem snar gitar anda memakai alat tune dengan mengikuti urutan nada berikut.

Snar 1:F#
Snar 2: B
Snar 3: C#
Snar 4: B
Snar 5: C#
Snar 6: E
Urutan di atas dinamakan dengan open tune  dengan akord B Mayor (full). Terdengar sangat etnik dan lepas, coba saja anda memainkannya dengan lepas tanpa menekan grid cukup memetik saja, anda pastinya mendapati suatu nada yang unik. Nadanya terdengar double suara, seperti dua orang yang memainkan gitar. Mungkin anda pernah mendengar lagu dari iwan fals yang berjudul Opini, nah ..lagu itu memakai prinsip kerja ini. Para pemusik blues juga biasa memakai ini, untuk memainkan slide gitarnya. 
Hal ini dibutuhkan, ketika kita bermain solo gitar agar terdengar lebih padat. Anda pun juga bisa modifikasi urutan nada di atas, dan masih banyak sih contoh stem open yang biasa dimainkan, sekian dari saya :
Suhud Madjid.

0 comments:

Blogger templates